Minggu, 28 Juni 2009

Rossi: Terima Kasih Yamaha

ASSEN - Valentino Rossi tampil sempurna di Assen, Belanda, karena keluar sebagai juara. Pada balapan seri ketujuh di "Negeri Kincir Angin" tersebut, Sabtu (27/6), The Doctor yang meraih pole position unggul jauh atas para pesaingnya sekaligus mencetak kemenangan ke-100 dalam sepanjang kariernya di MotoGP.

Tak ayal, juara dunia enam kali kelas premier tersebut sangat bahagia. Dan, dia tak lupa memberikan pujian kepada Yamaha yang mampu mewujudkan impiannya untuk masuk dalam sejarah MotoGP, sebagai orang yang bisa mencetak kemenangan di atas angka 100.

Ya, selama ini hanya Giacomo Agostini yang mencatatkan dirinya sebagai pebalap dengan kemenangan di atas angka tersebut (122 seri). Tapi setelah Rossi membukukan kemenangan di Assen ini, maka dia pun masuk dalam jajaran tersebut.

"Bagi saya, ini sangat hebat. Saya sangat bahagia dan merasa ini adalah hari yang spesial dalam hidup. Saya pasti takkan pernah melupakannya karena mencapai kemenangan ke-100 merupakan hasil yang luar biasa," ungkap Rossi.

"Pada kesempatan ini saya ingin menyampaikan ucapan terima kasih kepada semua orang di pit--Jerry Burgess dan semuanya. Dan Yamaha, hari ini motornya sangat hebat, fantastis. Tetapi lebih dari itu, Yamaha telah memberikan jalan serta memberikan motivasi yang besar kepada saya selama empat atau lima tahun terakhir.

"Saya juga harus mengucapkan terima kasih kepada teman-teman dan keluarga yang telah menolongku serta memberikan dorongan yang kuat. Saya adalah pebalap kedua dalam sejarah MotoGP yang mencapai kemenangan ke-100 setelah Giacomo Agostini dan saya sangat bahagia. Meskipun demikian, saya harap masih memiliki banyak musim untuk terus menambah kemenangan dan bertarung dengan pebalap lain."

Tentang jalannya balapan tak semenarik dua pekan lalu di Catalunya, Rossi yang sempat tergeser ke urutan dua itu optimistis menjadi pemenang setelah mengambil alih pimpinan lomba di lap kedua. Pebalap berusia 30 tahun tersebut mampu melewati Casey Stoner yang justru terpuruk ke posisi tiga, dan terpaut lebih dari 23 menit saat finis.

"Saya sangat bahagia karena ini adalah balapan yang hebat. Saya merasa baik sejak lap pertama, sehingga memutuskan untuk terus menggeber motor semaksimal mungkin. Saya sadar, jika lengah maka Jorge Lorenzo bisa menjadi ancaman karena dia sulit untuk dikalahkan," jelas Rossi kepada BBC.

"Tetapi hari ini saya memiliki kecepatan yang hebat, dengan temperatur ini ban bekerja dengan baik. Namun sekali lagi, Yamaha memang kuat di trek ini," pungkasnya.

Tidak ada komentar: