Minggu, 28 Juni 2009

Sandra Dewi: Buat Apa Cari Uang Terus?

JAKARTA— Artis cantik Sandra Dewi berprinsip, orang harus seimbang, antara mencari uang untuk kehidupan di dunia dan "menabung" untuk kehidupan sesudah kehidupan di dunia.

"Aku hidup penginku balanced. Buat apa hidup cari uang terus, cari materi terus, tapi enggak punya 'tabungan' di akhir?" tuturnya kepada media sehubungan dengan tugas barunya sebagai Duta Lepra Keliling, di Grand Indonesia, Jakarta, Kamis (25/6).

Sebagai Duta Lepra Keliling, sejak April 2009, aku Sandra, tanpa imbalan materi ia menjalani kegiatan-kegiatan untuk menyampaikan kepada publik bahwa penyakit lepra tidak menular. "Aku di sini enggak dibayar. Aku ngomong juga enggak dibayar. Aku justru pakai biaya sendiri dan ikut bantu-bantu di sini. Jadi, aku sekarang ya cari uang, ya beramal baik," tuturnya lagi.

Ketika ditawari untuk menjadi Duta Lepra Keliling, Duta Anti-Narkoba ini mengaku sempat ragu untuk menerimanya. Maklum, seperti banyak orang lainnya, ketika itu Sandra mengira lepra atau kusta merupakan penyakit menular. Namun, akunya, ia merasa terpanggil setelah melihat sendiri bagaimana kehidupan penderita lepra di rumah sakit dan mantan penderita kusta di Yayasan Merpati, Cengkareng.

Ia jadi merasa harus memberi dukungan kepada mereka dengan membantu mengomunikasikan kepada masyarakat bahwa penyakit itu tidak menular kepada orang yang bukan penderita, dan para mantan penderita lepra tak akan menularkan penyakit kusta lagi sehingga mereka perlu diberi kesempatan untuk mendapat kehidupan yang lebih baik.

Penjelasan tersebut juga diberikannya kepada keluarganya sendiri. Asal tahu saja, ibunya sempat menyuruhnya mandi dengan sabun antiseptik sepulang ia mengunjungi para penderita lepra di rumah sakit.

"Aku sering lihat orang yang punya penyakit kusta di lampu merah. Aku juga pernah berkunjung ke Yayasan Merpati. Di sana, mantan penderita kusta membuat baju untuk dijual. Tapi, kalau pembeli tahu yang membuat baju itu kena kusta, mereka enggak jadi beli. Kan kasihan mereka enggak punya uang, enggak bisa mandiri, dan terus dikucilkan oleh masyarakat," tuturnya bersemangat.

Sandra, yang baru saja dilantik menjadi Duta Lepra Keliling pada 2 Mei 2009, merasa mendapat banyak pengetahuan, relasi, dan kepuasan tersendiri dengan memikul tugasnya tersebut.

Tidak ada komentar: